Harga Pasar Tanah 2016

Surabaya, 13 Pebruari 2016

Harga pasar tanah, siapa yang tahu ?

Bagi penjual dan pembeli properti pertanyaan yang paling krusial adalah berapa harga pasar propertinya? Properti biasanya terdiri dari tanah dan bangunan. Bila belum dibangun tentunya nilai tanah yang dipertanyakan? Dari mana jawaban yang paling akurat di dapat?

Tanyakan pada para pelaku pasar dalam bisnis properti: pengembang, agent properti dan investor properti. Pengembang punya kepentingan, artinya tidak netral. Lokasi tempat pengembang membangun proyek menjadi hak pengembang menentukan nilai tanahnya. Investor punya kepentingan terhadap harga, sehingga tidak cukup dipercaya menentukan harga pasar.

Agen properti adalah pelaku pasar yang bertindak untuk kepentingan penjual dan pembeli. Jadi dianggap pihak yang paling tahu tentang kondisi pasar. Agen properti seharusnya memiliki data transaksi properti dari tahun ke tahun, waktu ke waktu. Pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan pemerintah daerah seharusnya punya catatan yang lengkap tentang transaksi properti yang terjadi.

Tapi mampukah BPN memberikan informasi yang akurat bila transaksi yang dilaporkan berdasarkan NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak). Bagaimana dengan pemerintah daerah / kota yang menentukan NJOP didalam SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang) PBB. Dasar penentuan kenaikan NJOP masih dipertanyakan, apakah sesuai dengan harga pasar?

Mungkinkah transaksi properti dibuat lebih transparan. Nilai transaksinya dilaporkan sesuai dengan harga yang dibayar pembeli kepada penjual. Pajak yang dibayar berpatokan pada harga transaksi. NJOP tidak perlu digunakan sebagai dasar perhitungan pajak. Akta jual-beli di Notaris / PPAT benar-benar nilai riil.

Sejak Sunset Policy 2008 dari pihak Dirjen Pajak menghendaki transaksi properti, penjual dan pembeli harus memiliki NPWP. Aset properti harus terdaftar dalam SPT. Penjualan properti yang tidak tercantum dalam SPT bisa menimbulkan masalah bagi penjual. Demikian pula bagi pembeli, penghasilan pembeli atau daftar hartanya harus mencerminkan kemampuannya membeli sebuah properti.

Kesimpulannya, Agen properti yang aktif berada dalam pasar, berhubungan dengan penjual maupun pembeli. Agen properti menguasai informasi harga transaksi, harga pemasaran dan harga properti yang ditolak pasar. (harga tinggi dan lama tidak terjual). Maka agen properti adalah sumber informasi nilai pasar berdasarkan perbandingan data yang dimilikinya. Data properti yang sedang dipasarkan, yang sudah terjual (kurang dari 6 bulan) dan properti yang ditolak pasar.

Berdasarkan data yang kami miliki itulah standart Harga Tanah Sekunder di Surabaya di susun, di tinjau ulang setiap 6 (enam) bulan sekali. Informasi standar harga tanah di Surabaya bisa diakses melalui www.propertiguide.com. Data standart harga tanah sekunder menjadi referensi hampir semua broker, apraisal dari bank dan pihak yang berkepentingan lainnya sejak 1994. Semua pihak yang membutuhkan referensi harga tanah di Surabaya dapat memanfaatkan.

Yafet Kristanto
Agustus 2015

RUKO KLAMPIS JAYA
LT: 160    LB: 326

HAK MILIK
IDR: 7000000000 -
RUMAH TERATAI
LT: 620    LB: 620

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3625000000 -
RUMAH PERUM PURI WIDYA KENCANA BLOK K
LT: 150    LB: 190

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3000000000 -
RUMAH PAKUWON INDAH GRANADA BLOK PF
LT: 300    LB: 300

PENGIKATAN JUAL BELI
IDR: 185000000 -