Kaya Tanpa Bayar Pajak

Surabaya, 13 Pebruari 2016

Kaya Tanpa Bayar Pajak

25 tahun yang lalu seorang teman dari Singapura berbagi cerita. Bagi warga Singapura kalau tidak mau bayar pajak tidak masalah. Asal jangan lakukan tiga hal, jangan beli mobil, jangan beli properti dan jangan menggunakan kartu kredit. Yang saya tanyakan saat itu, untuk apa kaya kalau tidak punya mobil, properti dan kartu kredit.

Saran teman saya, properti & mobil bisa sewa, untuk belanja tunai saja. Sukses orang singapura diukur dengan 3C (Car, Condominium & Credit Card). Jadi mereka bekerja keras untuk 3C dan menbayar pajak yang besar untuk tampil sukses.

Pemerintah kita telah menjadikan properti sebagai ukuran pajak penghasilan yang harus dibayar seseorang. Sejak 2008 dengan program "Sunset Policy", wajib pajak diberi kesempatan mendaftarkan hartanya (khususnya properti). Semua transaksi properti harus memiliki NPWP (Nomer Pokok Wajib Pajak). Monitoring kepemilikan properti dikaitkan dengan ketaatan membayar pajak.

Sebelum 2008, investor properti bisa menunda dan mengalihkan kewajiban pajaknya. Transaksi properti bisa dilakukan melalui ikatan jual beli (IJB). Kewajiban pajaknya tidak perlu dibayar. Saat investor menjual kembali maka kewajiban pajak penjual dibayar atas nama pemilik lama. Pemilik lama tidak keberatan atas peminjaman nama karena penjualan propertinya tidak perlu dilaporkan dalam SPT. Begitu pula pembelian properti tidak dimonitor oleh kantor pajak.

Langkah selanjutnya pemerintah akan menjadikan transaksi mobil sebagai target pajak penghasilan. Sekarang kepemilikan mobil kedua dan seterusnya masih jadi target pajak kendaraan bermotor, bukan pajak penghasilan. Jadi orang kaya, harus membayar pajak lebih besar. Jurus terakhir mengejar pajak dari orang kaya adalah penggunaan kartu kredit. Transaksi kartu kredit mudah di monitor oleh Bank Indonesia.

Kaya tanpa bayar pajak, tentu saja tidak mungkin. Tidak menikmati kekayaan, tanpa memiliki properti dan mobil, pasti bukan pilihan kebanyakan orang kaya. Properti justru menjadi investasi yang menguntungkan bagi orang kaya. Peraturan pajak akan mendorong orang yang menjual dan membeli semakin transparan. Terjadinya transaksi dan nilai transaksi sulit direkayasa lagi. Jadi jual, beli dan sewa properti penuhi kewajiban pajaknya. Nikmati kekayaan Anda.

Yafet Kristanto
1 Oktober 2015

RUKO KLAMPIS JAYA
LT: 160    LB: 326

HAK MILIK
IDR: 7000000000 -
RUMAH TERATAI
LT: 620    LB: 620

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3625000000 -
RUMAH PERUM PURI WIDYA KENCANA BLOK K
LT: 150    LB: 190

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3000000000 -
RUMAH PAKUWON INDAH GRANADA BLOK PF
LT: 300    LB: 300

PENGIKATAN JUAL BELI
IDR: 185000000 -