Bahasa Tubuh

Surabaya, 24 Oktober 2012

Setiap sales perlu memperhatikan bahasa tubuhnya. Gerakan dari anggota tubuh merupakan bagian dari komunikasi yang dibaca oleh prospek dan kastemer. Kebiasaan buruk yang mengganggu bisa muncul tanpa dirasakan.

Mata yang berkedip terlalu sering, gerakan bibir berlebihan, suara dari hidung, demikian juga gerakan kaki dan tangan yang mengganggu. Cara berjalan, cara memegang alat tulis, menunjukkan sikap percaya diri atau grogi/ nerves.

Bahasa tubuh menyampaikan makna yang dominan dalam komunikasi. Seorang wasit senior pernah menyatakan, cara seorang wasit membawa bola pada saat masuk lapangan dengan bola ditangannya. Caranya memimpin pertandingan bisa terbaca.

Seorang sales yang datang presentasi gerak geriknya dibaca prospeknya. Hasil pertemuan sangat dipengaruhi bahasa tubuh dalam presentasi. Apakah Anda sudah tahu bahasa tubuh yang melemahkan komunikasi ? Mintalah pendapat dari manager atau pelatih , dan lakukan perbaikan.

Selain bahasa tubuhnya, sales harus memperhatikan bahasa tubuh dari prospek atau kastemernya. Sikap kastemer waktu bersalaman, duduk, gerakan mata dan posisi anggota tubuh. Beberapa arti dari posisi tangan dan ekspresi wajah.

Tangan bersilang, menunjukkan sikap bertahan dan penolakan. Tangan mengetuk meja, sikap tidak sabar/bosan. Kelopak mata membesar berarti sedang tertarik, posisi duduk yang condong ke depan memberi perhatian. Jabat tangan yang erat adalah sikap tegas dan percaya diri.

Selamat mengevaluasi diri. Salam sukses.

RUKO KLAMPIS JAYA
LT: 160    LB: 326

HAK MILIK
IDR: 7000000000 -
RUMAH TERATAI
LT: 620    LB: 620

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3625000000 -
RUMAH PERUM PURI WIDYA KENCANA BLOK K
LT: 150    LB: 190

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3000000000 -
RUMAH PAKUWON INDAH GRANADA BLOK PF
LT: 300    LB: 300

PENGIKATAN JUAL BELI
IDR: 185000000 -