7 Faktor Anda Gagal Dalam Presentasi Listing

Surabaya, 29 September 2010

1. Anda tidak cukup mengenal prospek.
Pada saat bertemu penjual FSBO saya berusaha mengenalnya. Terutama motivasinya menjual rumah. Saya juga ingin mengetahui pengalamannya dalam menjual rumah atau membeli rumah. Sebelumnya pernah berhubungan dengan broker atau tidak.

2. Anda tidak memberikan informasi yang menarik.
Penguasaan informasi yang berhubungan dengan propertinya. Pengetahuan saya tentang lokasi, market, dan database yang dimiliki sangat penting. Semakin spesifik info saya akan semakin meyakinkan.

3. Anda tidak mempersiapkan agenda pertemuan dengan baik.
Sebelum datang bertemu dengan penjual FSBO, saya sudah menyusun materi pembicaraan. Mulai dari pertanyaan pembuka, isi presentasi sampai pertanyaan penutup. Informasi dan marketing tools juga sudah disiapkan. Dalam pertemuan itu saya sudah siap mendemonstrasikan semua.

4. Anda tidak menawarkan “ value “ yang nyata.
Dihadapan penjual FSBO saya akan selalu nampak mirip dengan agen properti lain. Tugas saya menunjukkan “beda” nya. Beda saya dengan kompetitor. Kelebihan yang saya miliki : lebih cepat, lebih jelas, lebih trampil, lebih pengalaman, lebih berpengetahuan dan lebih lainnya.

5. Anda tidak sabar, terlalu mendesak dalam presentasi.
Saya mempersiapka presentasi dalam beberapa gaya, presentasi singkat atau presentasi lengkap. Sesuai kebutuhan prospek dan pengetahuannya tentang agen properti dan servisnya. Saya akan memilih gaya yang paling cocok.

6. Anda tidak mengajukan pertanyaan yang sulit.
Karena terlalu hati-hati kebanyakan agen properti tidak menanyakan pertanyaan yang tidak mengenakkan dan sulit. Padahal pertanyaan sulit merangsang prospek berpikir dan terinspirasi oleh cara pandang kita yang berbeda. Misal, apakah Bapak bisa membedakan servis dari agen properti ?

7. Anda tidak melakukan closing atau mengusulkan langkah berikutnya.
Bila saya tidak berhasil mendapatkan komitmen listing, maka saya akan mengusulkan pertemuan yang akan datang. Saya menawarkan evaluasi pemasaran yang telah dilakukan. Bila disetujui berarti saya mendapat ijin Follow up.

Selamat mencoba.

RUKO KLAMPIS JAYA
LT: 160    LB: 326

HAK MILIK
IDR: 7000000000 -
RUMAH TERATAI
LT: 620    LB: 620

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3625000000 -
RUMAH PERUM PURI WIDYA KENCANA BLOK K
LT: 150    LB: 190

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3000000000 -
RUMAH PAKUWON INDAH GRANADA BLOK PF
LT: 300    LB: 300

PENGIKATAN JUAL BELI
IDR: 185000000 -