Kiat Agen Properti Menghadapi Tantangan Bisnis 2009

Surabaya, 10 Desember 2008

Banyak tantangan sedang menanti kita tahun depan, yang sebenarnya juga bulan depan. Siap atau tidak, suka atau tidak suka tantangan akan menghadang dihadapan Anda. Kalau Anda ingin menjadi Top Agent, atau mempertahankan prestasi Anda sebagai Top Property Agent, dibutuhkan skill, knowledge dan attitude yang lebih baik.

Praktisnya, tentukan jadwal kerja Anda setiap hari. Lakukan dengan disiplin setiap aktivitas yang telah ditentukan. Pastikan semua aktivitas menghasilkan. Sukses dicapai melalui hasil kerja setiap hari yang terbaik. Dalam hitungan minggu dan bulanhasil kerja itu terakumulasi menjadi prestasi.

Dibutuhkan "disiplin seorang juara" untuk mencapai tujuan dan target Anda thn 2009. Rahasianya pilihlah aktivitas yang tepat dan lakukan dengan segala daya.

Beberapa aktivitas yang harus menjadi agenda top agent.
- Prospekting minimum 2 jam sehari.
- Follow up potensial prospek dan potensial kastemer.
- Kontak beberapa klien sesuai jadwal.
- Menyediakan waktu mempererat hubungan dengan prospek, kastemer maupun klien.
- Mengembangkan kepribadian dan kemampuan professional.
- Mempersiapkan dan melatih skrip atau dialog dari setiap appointment dan pertemuan.

Ukurlah setiap aktivitas, bahkan dihitung efektivitasnya. Jangan mudah menunda dan mengganti aktivitas yang penting dengan aktivitas lain. Dibutuhkan parameter untuk memastikan hasil dari setiap aktivitas.

Perhatikan kemajuan atau kemunduran yang Anda alami. Setiap minggu dan bulannya. Lakukan evaluasi. Ubah strategi yang kurang bagus. Fokus pada strategi yang baik. Sering kita membiarkan dan terlambat bereaksi. Tingkatkan intensitas keberhasilan jangan tunggu terlambat.

Selalu punya rencana cadangan (plan B), tidak perlu kecil hati bila rencana awal (plan A) Anda gagal. Bahkan merubah rencana sampai berkali-kali juga boleh, yang penting lakukan dengan sungguh sampai berhasil.

Kenali keunggulan Anda. Anda dibayar karena punya kelebihan dibanding pesaing. Jadilah spesialis, bukan generalis. Hanya spesialis yang punya keunggulan yang berbeda. Jaman ini makin menghargai spesialis. Tinggalkan kemampuan rata-rata, karena terlalu banyak yang Anda tahu setengah-setengah.

Dalam bisnis properti Anda harus punya spesialisasi. Tentukan pilihan spesialisasi berdasarkan target pasar (lokasi), jenis properti dan target kastemer (penjual / pembeli). Target pasar (lokasi) dipilih lokasi yang paling Anda kuasai daerahnya, datanya dan marketnya. Jenis properti bisa ditentukan sesuai pengetahuan Anda dan target kastemer Anda.

Target kastemer ada banyak pilihan, missal :
- Expired listing.
- FSBO (For Sale By Owner).
- Penyewa.
- Pemilik yang tidak menghuni.
- Properti kredit macet.
- Pemilik yang menyewakan properti-propertinya.
- Pemilik rumah-rumah kosong yang terlantar.
- Pembeli pertama (first time buyer).
- Pembeli yang berinvestasi di properti.

Bagi seorang agen properti yang hebat, apapun keadaannya pasti ada untungnya. Pada saat properti booming, kue bisnis properti membesar, sebagai Top Agent pasti meraih hasil yang besar. Sebaliknya, saat properti sedang menurun, Anda mampu mempertahankan market share karena pesaing Anda berguguran.

Yang penting, yakinlah Anda Top Agent. Segala situasi pasti ada peluang.

Yafet Kristanto
Desember 2008

RUMAH TAMBAK SARI
LT: 384    LB: 375

KOTAMADYA
IDR: 6800000000 -
RUMAH TERATAI
LT: 620    LB: 620

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3625000000 -
RUMAH PERUM PURI WIDYA KENCANA BLOK K
LT: 150    LB: 190

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3000000000 -
RUMAH DSN RANDUAN RT002 RW002 PRSL
LT: 1150    LB: 460

HAK MILIK
IDR: 1500000000 -