Mengapa Penjual Harus Memilih Anda

Surabaya, 21 Januari 2008

Saat seseorang ingin menjual rumahnya, apa yang terpikirkan ? Memasang iklan di surat kabar. Betul, biasanya kalau orang Surabaya di Koran Jawa Pos. Kemudian apa yang dialami penjual ? Telpon berdering ?????

Sebagian besar telpon dari broker properti, bisa sembilan telpon dari broker diantara sepuluh yang diterimanya. Luar biasa. Kalau demikian apakah pembeli masih membaca iklan ? Tapi kenyataannya memang begitu.

Sebagai broker properti, pasti Anda bisa merasakan persaingan yang terjadi dalam mendapatkan listing. Apa strategi Anda memenangkan hak pemasaran dari penjual. Siapkah agen properti menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit dari penjual dengan jujur.

Penjual punya hak memilih agen properti. Penjual akan melakukan seleksi terhadap broker yang menghubunginya. Peluang lebih besar diperoleh broker / agen bila berhasil menemui penjual. Lebih banyak hal yang bisa disampaikan dan dikomunikasikan dalam pertemuan itu.

Penjual akan berusaha menilai berdasarkan trek rekor / catatan prestasi. Pertanyaannya berapa lama pengalaman Anda sebagai broker ? Berapa banyak properti yang telah anda jual ? Apakah Anda paham dan menguasai informasi market properti didaerah ini ?

Penilaian penjual juga termasuk pada integritas dan kredibilitas broker. Apa jawab Anda untuk pertanyaan, Apakah Anda cukup agresif dalam pemasaran ? Apakah Anda mudah dihubungi oleh pembeli maupun penjual ? Apakah Anda bekerja secara fulltime sebagai agen properti ? Apakah Anda bekerja secara jaringan dengan broker lain ?

Bila penjual cukup serdas, dia akan minta Anda menjelaskan rencana pemasaran. Jaminan promosi yang akan dilakukan, bahkan bila kantor properti Anda tidak menyediakan biaya pemasaran tertentu, penjual minta Anda yang menanggungnya.

Anda sedang di ?audisi? oleh penjual, kalau Anda tidak memberikan benefit yang lebih dibanding kompetitor, jangan harap mendapatkan hak dan kerjasama pemasaran. Kondisi ini dihadapi semua broker properti. Apa strategi Anda menghadapi ujian ini ? Kalau lulus, dan lulus terbaik, Anda dipilih. Anda mendapatkan listing.

Beberapa kiat berikut perlu Anda lakukan.

  1. Bergabunglah dengan kantor broker yang bekerja secara jaringan.
  2. Bergabunglah dengan kantor broker yang memiliki product dan servis lebih unggul.
  3. Bergabunglah dengan kantor broker yang memberikan training bagi agen propertinya secara berkesinambungan.
Silahkan Anda memilih, ada 50 lebih kantor broker yang ada di Surabaya.

RUKO KLAMPIS JAYA
LT: 160    LB: 326

HAK MILIK
IDR: 7000000000 -
RUMAH TERATAI
LT: 620    LB: 620

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3625000000 -
RUMAH PERUM PURI WIDYA KENCANA BLOK K
LT: 150    LB: 190

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3000000000 -
RUMAH PAKUWON INDAH GRANADA BLOK PF
LT: 300    LB: 300

PENGIKATAN JUAL BELI
IDR: 185000000 -