Strategi Sebagai Agen Properti Suatu Daerah

Surabaya, 7 September 2007

Posisikan diri Anda sebagai pakar dari satu area. Salah satu rahasia sukses agen properti adalah penguasaan informasi terhadap area pasar yang dilayaninya. Bukan Cuma mengenal tapi memahami secara mendalam. Pengetahuannya tentang area tersebut merupakan alat yang ampuh untuk meyakinkan penjual dan pembeli. Dalam persaingan ketat saat ini agen properti akan tampil beda dengan keunggulan pengetahuan tentang area servisnya.

  1. Agen properti perlu mengetahui sejarah dari sebuah kawasan.
    Waktu mulai pembangunan kawasan. Jalan masuk dari mana. Blok atau klaster yang ditawarkan pertama. Penyelesaian setiap bagian dari proyek waktu ke waktu. Pembangunan fasilitas dan perkembangannya. Peningkatan harga dari pengembang dan pasar sekunder.
  2. Mengenal perbedaan dari setiap bagian dalam kawasan.
    Perbedaan klaster dalam kawasan. Model bangunan rumah, desain dan ukuran. Bahan bangunan, model taman, fasilitas umum, lebar jalan, dan lainnya. Rumah yang dibangun pengembang atau tanah dibeli dan dibangun oleh pemborong.
  3. Memahami tahapan pengembangan proyek.
    Setiap pengembangan proyek dalam kawasan akan mempengaruhi klaster yang sudah selesai. Keuntungan dan kerugian dari pembeli dalam setiap tahap perkembangan. Contoh : pembangunan pusat perbelanjaan akan mempengaruhi arus lalu lintas menuju dan dari daerah tersebut. Kebisingan, kemacaetan akan mempengaruhi kenyamanan tinggal di daerah itu. Pengaruhnya terhadap harga rumah.
  4. Pengetahuan tentang kondisi tanah dan bangunan.
    Keadaan tanah di Surabaya Barat sangat berbeda dengan Surabaya Timur. Bangunan yang didirikan membutuhkan pondasi yang berbeda. Kondisi bangunan yang telah jadi bisa ada retak, seberapa batas wajarnya. Adanya rayap didaerah tertentu, bagaimana mengatasinya.
  5. Perkembangan nilai investasi.
    Rumah saat ini bukan hanya sebagai tempat tinggal. Dengan berjalannya waktu, nilai rumah akan meningkat. Lokasi telah berkembang menyebabkan nilai jual terus naik. Jadi rumah adalah investasi yang menguntungkan. Agen properti harus punya data perkembangan harga rumah didaerah yang dilayaninya. Perbedaan harga setahun terakhir. Jumlah rumah yang dijual dalam pasar. Transaksi jual-beli dalam 12 bulan. Nilai sewa rumah dengan ukuran tertentu.
  6. Pembangunan disekitar daerah itu.
    Pembanguan proyek lain disekitar daerah itu, ikut mempengaruhi. Pembangunan gedung perkantoran, pusat bisnis dan perdagangan dan perumahan lain. Realisasi pembangunan jalan tol atau jalan lingkar. Berapa besar dampaknya terhadap daerah target pasar. Pengaruh positif atau pengaruh negatif. Yang positif karena fasilitas yang bertambah. Negatifnya mungkin kemacetan dan banjir.
  7. Komunitas yang menghuni.
    Pembeli biasanya memperhitungkan komunitas yang sudah menghuni suatu kawasan sebelum mengambil keputusan membeli. Tetangga yang punya kemampuan ekonomi yang hampir sama. Kesamaan etnis dan gaya hidup. Komunitas yang sejenis dan setara memberikan rasa nyaman dan aman.
  8. Informasi tentang fasilitas.
    Masyarakat modern saat ini menginginkan fasilitas yang lengkap sebagai penunjang aktivitas. Sekolah dan pasar. Tempat olah raga, club house dan pusat perbelanjaan.

Paling tidak dengan menguasai strategi dan informasi penting diatas, agen properti akan dianggap pakar properti untuk area tersebut.

Selamat Mencoba.

RUKO KLAMPIS JAYA
LT: 160    LB: 326

HAK MILIK
IDR: 7000000000 -
RUMAH TERATAI
LT: 620    LB: 620

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3625000000 -
RUMAH PERUM PURI WIDYA KENCANA BLOK K
LT: 150    LB: 190

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3000000000 -
RUMAH PAKUWON INDAH GRANADA BLOK PF
LT: 300    LB: 300

PENGIKATAN JUAL BELI
IDR: 185000000 -