Anda Agen yang Membosankan?

Surabaya, 18 Juli 2007

Tahukah Anda ? Berapa banyak agen properti yang menghubungi pemilik / penjual properti yang beriklan ? Banyak sekali. Kalau setiap agen properti menggunakan cara, kalimat penawaran yang sama, betapa membosankan kita bagi penjual properti yang beriklan. Menyebalkan mungkin.

Memang agen properti menawarkan jasa yang hampir sama. Tentu dari prospekting sampai presentasi kepada prospek akan ada persamaan. Penggunaan kata-kata, bahasa tubuh, kepribadian, penampilan, material presentasi (marketing tools), penguasaan pasar, persiapan CMA, cara pendekatan, dan masih banyak lagi. Gunakan hal-hal diatas untuk membedakan Anda dari yang lain. Yang pasti perbedaan yang lebih baik.

Hindari kebekuan, kejenuhan penjual properti terhadap agen properti yang menghubungi dan menemuinya. Beberapa tip untuk lebih menarik dan tidak membosankan.

  1. Persiapan penting, spontanitas juga perlu.
    Merencanakan prospekting dan presentasi Anda memang harus, tapi berikan kesegaran dalam presentasi kita dengan hal-hal yang menjadi perhatian dari prospek.
  2. Bantuan yang menarik dan gratis.
    Kalau presentasi Anda sama dengan agen properti yang lain maka Anda akan diperlakukan dan ditawar dengan komisi yang sama atau bahkan lebih rendah. Bangunlah hubungan dulu, caranya dengan memberikan bantuan gratis. Menghitung harga pasar rumah, informasi KPR, solusi legal, tip merapikan rumah, tanda dijual siap pakai dengan telp penjual tanpa perantara.
  3. Pendapat atau pandangan yang berbeda.
    Jangan kaku, bersiaplah sudut pandang yang berbeda dengan kebanyakan agen properti. Open listing dan eksklusif listing, lakukan pendekatan dari sisi pandang penjual properti. Berikan wawasan yang lebih luas. Bersikaplah bersahabat tapi tetap profesional.
  4. Ambil resiko.
    Kalau kita menggunakan cara yang sama, bermain dengan aturan yang tetap. Mau amannya saja. Artinya kita bermain untuk tidak kalah. Bukan bertanding untuk menang. Mungkin ada yang marah, jangan kuatir. Semua akan berlalu. Yang penting tetaplah berintegritas.
  5. Jangan ikuti pikiran Anda saja.
    Kemampuan berpikir kita kadang terbatas, mau amannya, mengikuti aturan saja. Gunakan yang lebih dalam dan lebih intuitif, suara hati. Percayalah Anda punya ide-ide yang inovative dan menarik. Jangan hanya meng?copy? bila ingin mendapat perhatian. Kalau Anda bosan dengan hal-hal yang Anda lakukan, prospek juga.

Differentiate yourself to win the competition.

RUKO KLAMPIS JAYA
LT: 160    LB: 326

HAK MILIK
IDR: 7000000000 -
RUMAH TERATAI
LT: 620    LB: 620

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3625000000 -
RUMAH PERUM PURI WIDYA KENCANA BLOK K
LT: 150    LB: 190

HAK GUNA BANGUNAN
IDR: 3000000000 -
RUMAH PAKUWON INDAH GRANADA BLOK PF
LT: 300    LB: 300

PENGIKATAN JUAL BELI
IDR: 185000000 -